Ticker

6/recent/ticker-posts

Pergantian Bulu pada Burung Hantu ( Moulting )

Moulting Atau Ganti Bulu Pada Burung Hantu

Pada burung ada siklus pergantian bulu yang lazim disebut moulting, pada saat itu bulu burung hantu rontok. Pada  pada owl terjadi 2 atau 3 kali dalam 1 tahun, masing-masing berlangsung selama kira-kira 1-2 minggu, terlebih tahun2 pertama saat tubuhnya sedang tumbuh pesat.




Mabung atau rontok bulu (moulting) adalah siklus normal dari keluarga burung, seperti halnya ganti kulit pada jenis ular. Yang perlu diperhatikan, saat mabung kondisi burung jelas tidak nyaman, atau merasa sakit. Bagi penggemar burung berkicau, khusus yang merawat burung lomba, perawatan saat mabung adalah menjadi hal yang sangat penting. Sedikit saja kesalahan, hasilnya bisa sangat mengecewakan, bukannya membuat burung menjadi bagus, tetapi malah burung menjadi rusak.

Pada saat moulting atau ganti bulu itu, burung kehilangan 30-50% memori diotaknya (dikarenakan stress disebabkan "sakit"), pada saat inilah teman-teman pecinta burung hantu dapat menjadi momen terbaik, karena saat momen terbaik inilah kita dapat mulai melatih lagi untuk FOF - FF.

Ada hal-hal yang diperlukan saat bulu burung hantu rontok / moulting, yaitu :

  1. Tetap tenang dan jangan panik, letakkan burung hantu di tempat yang tenang, agar burung hantu (BOP) tidak menjadi lebih stress
  2. Burung hantu jangan diganggu, karena saat itu burung hantu menjadi lebih sensitif dan mudah marah
  3. Beri asupan makanan yang banyak, agar burung hantu tetap sehat dan tidak jatuh sakit yang berujung ke kematian
  4. Sepengetahuan saya, ada dijual beberapa vitamin untuk proses moulting pada burung hantu, tapi yang terpenting adalah jaga asupan makanan yang cukup
Cintailah burung hantu.... karena dia bukan sekedar mainan, tapi adalah makhluk Tuhan




Post a Comment

1 Comments

  1. Mantap nih artikel bisa buat nambah pengetahuan tentang owl.

    ReplyDelete